MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA BERSAMA ABK

Warta Peristiwa – Sabtu, 29 Oktober 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMBASI) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang menyelenggarakan kegiatan Bulan Bahasa di SDLB Negeri No.25 Sintang. Kegiatan Bulan Bahasa diadakan dalam rangka memperingati HUT Sumpah Pemuda ke-88 tahun dengan tema “Membentuk Karakter Bangsa melalui Bahasa”. Kegiatan bulan bahasa merupakan kegiatan tahunan prodi PBSI untuk tetap melestarikan bahasa dan sastra Indonesia.

Sasaran kegiatan kali ini adalah siswa/i SDLB yang berjumlah 29 orang. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 yang diawali dengan senam bersama dan acara pembukaan. Dalam acara pembukaan diawali dengan musikalisasi puisi oleh mahasiswa. Dalam sambutan Kepala Sekolah SDLB, Diomedes Imen melaporkan jumlah siswa dengan keunikannya masing-masing sebagai dasar peserta kegiatan lomba. Kegiatan dibuka oleh Kaprodi PBSI Debora Korining Tyas, M. Pd, dalam sambutan pembukaan tersebut, Kaprodi berharap kegiatan ini dapat membangun relasi antara prodi dan sekolah. Selain untuk menunjang tridharma perguruan tinggi, kegiatan yang dikemas dapat meningkatkan karakter anak-anak bangsa.

Setelah acara pembukaan, dilaksanakan perlombaan-perlombaan (lomba membaca puisi, susun kata, mewarnai, menggambar, dan lari membawa bendera). Peserta (siswa/i) lomba ini disesuaikan dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus (ABK). Mereka menyambut dengan euphoria yang antusias dan begitu semangat untuk mengikuti perlombaan. Pemenang lomba membaca puisi yaitu Mutiara Haviva Tarigas (Juara 1) dan Edi Kurniawan (Juara 2). Pemenang lomba susun kata yaitu Mutiara Haviva Tarigas (Juara 1), Nanci Pebriyanti (Juara 2), Nur Tri Ulandari (Juara 3), dan Dewi Feby. F (Juara harapan 1). Pemenang lomba menggambar yaitu Nur Tri Ulandari (Juara 1), Nanci Pebriyanti (Juara 2), Algi (Juara 3). Pemenang lomba mewarnai yaitu Nur Tri Ulandari (Juara 1), Nanci Pebriyanti (Juara 2), dan Ivon (Juara 3). Pemenang lomba membawa bendera yaitu Nanci Pebriyanti (Juara 1), David (Juara 2), dan Edi (Juara 3).

Sebelum acara selesai, salah satu guru SDLB, Nurkiyat, S, Pd memberikan tanggapan agar kegiatan dengan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang terjalin terus sebagai ikatan silaturahmi dan memberikan kesan positif . Selain itu, ia mengucapkan terima kasih kepada STKIP Persada Khatulistiwa yang menjadikan sekolah mereka sebagai tempat kegiatan dalam memperingati sumpah pemuda. Acara bulan bahasa ini ditutup dengan membagikan hadiah kepada pemenang lomba. (Yudita & Debora)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *