Sastra Lisan Kalimantan Barat Dan Cerita Dara Muning Daerah Kecamatan Serawai

Sastra Lisan Kalimantan Barat

Bahasa dan sastra lisan Kalimantan Barat memiliki keberagaman dalam tata istilah lokal masyarakat etnik yang menaunginya. Setiap daerah memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri dalam mengidentifikasi sastra lisan dengan lafal bahasa daerah masing-masing sesuai dengan kelompok etnik yang ada di Kalimantan Barat. Sastra lisan berasal dari cerita yang telah mentradisi, tidak diketahui kapan dimulainya dan siapa penciptanya, dan dikisahkan secara turun-temurun secara lisan sehingga selalu terdapat variasi penceritaan walau isinya kurang lebih sama. Sastra lisan pun dimaksudkan untuk menyampaikan ajaran moral, bahkan terkadang mempunyai kemiripan dengan mitologi yang berkaitan dengan dewa-dewa atau tentang kehidupan supranatural yang lain. memiliki berbagai ragam dalam penyampaian tergantung kepentingan etnis yang bersangkutan dengan cerita atau sastra lisan dari masing masing daerah, dan selain sebagai cerita rakyat sastra lisan juga dianggap sebagai budaya peninggalan dimasa lampau tergantung anggapan dan persepsi masing-masing etnis.

 

Berikut Cerita Rakyat atau Sastra Lisan yang Ditulis. Kalimantan Barat Kecamatan Serawai

Dara Muning dan Bujang Munang
Bahasa Melayu 

Ado kesah jeman deluk, idop duo orang menyanak rong daerah namo e Nanga Serawai. Dicerito tuk dok duo menyanak  Dara Muning umok dari Bujang Munang  diam kedirik dikampong yok karno pado maso yok orang-orang lagik siket pendudok eh. Bujang Munang yang dari kebiak eh jomsik  kawan, jadi yo suko bekawan dengan balo roh (hantu) dirimok dan tiap ari yo suko pulang malam karno suko bekawan dengan balo roh (hantu) dirimok yok. Ado sutik malam Bujang Munang jomsik pulang -pulang kerumah karno ditampot antu, Dara Muning jadi takot ke anak eh lesi. Tapi apai dayo antu pun dah nampot anak eh sampai betaon-taon. Udah betaon-taon lesi  Bujang Munang pun ketemu lagik dengan umok eh tapi dok duo samo jom kenal karno umok eh lebeh cantek dari deluk teh ahe eh sidok duo pun becinto dan samo jom tau kedirik kalau ado hubungan darah, sidok duo ahe eh dikutok oleh sang Dewa jadi batu karno dah mulah utan telarang dan sampai pituk jadi cerito di daerah yok Nanga Serawai yang sekarang udah jadi Kecamatan Serawai.

 

Dara Muning dan Bujang Munang

Bahasa Indonesia

  Pada jaman dahulu, hidup dua orang keluarga di daerah namanya Nanga Serawai. Diceritakan mereka berdua Dara Muning ibu dari Bujang Munang tinggal sebatang kara di kampung itu karna pada masa itu orang-orang masih kurang penduduknya. Bujang Munang yang dari kecilnya tidak ada teman, dia lebih memilih berteman dengan arwah-arwah atau para hantu yang ada dihutan, setiap hari Bujang Munang pulang malam karna asik berteman dan bermain dengan arwah-arwah yang ada dihutan itu. Pada suatu malam, si Bujang Munang tidak pulang kerumah karna dibawa oleh hantu pergi jauh dari kediamannya, Dara Muning merasa takut akan kehilangan anaknya. Tapi apalah daya sang hantu pun telah membawa anaknya pergi hingga bertahun-tahun. Setelah hilang sekian tahun lamanya, Bujang Munang pun bertemu lagi dengan ibu nya tapi pada saat berjumpa, mereka berdua tidak saling mengenali karna sang ibu terlihat lebih cantik dari sebelumnya. Akhirnya Bujang Munang jatuh cinta kepada Dara Muning dan mereka saling mencintai namun tidak saling mengenali bahwa sebenarnya mereka berdua memiliki hubungan darah yaitu antara ibu dan anak. Mereka berdua akhirnya dikutuk menjadi batu oleh sang Dewa karna telah melakukan hal yang terlarang dan hingga saat ini tinggal lah cerita pada masyarakat Nanga Serawai yang sekarang telah menjadi Kecamatan Serawai.

Berikut clip dan lirik dari lagu Dara Muning di daerah Kecamatan Serawai :

 

  

Lagu Dara Muning

Lirik Lagu Dara Muning

Ninga kesahlah delu

Sang Putri nan cantet jelita

Dara Muninglah namanya

Bujang Munang nama anaknya

Hidup di alam desa

Bekawan dengan aoh burong

Cinta jom akan terjadi

Antara uma dan anaknya

Dara Muning disumpahlah mambang

Mencintai Munanglah anaknya

Dara Muning jadi sigi’ batu

Sampai pitu jadilah cerita

Dara Muning jadi sigi’ batu

Sampai pitu jadilah cerita

Bukti Sejarah Batu Dara Muning dan Bujang Munang

Terima Kasih atas kunjungannya dan telah meluangkan waktu untuk membaca diblog saya, kritik dan saran dari anda sangat saya apresiasi. saya tunggu komentar, kritik, dan saran nya.

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *