Misa Pemberkatan Gereja Katedral Kristus Raja Sintang

      Gereja Katedral Kristus Raja Sintang menjadi icon baru di wilayah timur kalimantan barat ini. gereja ini mulai dibangun dua setengah tahun yang lalu akhirnya dapat diresmikan pada tanggal 14 oktober 2017. Gereja Katedral Kristus Raja Sintang diresmikan oleh Gubernur Kal-Bar yaitu Drs. Cornelis, M.H. dan akhirnya melaksanakan misa pemberkatan gereja katedral tersebut pada tanggal 15 oktober 2017 kemarin. misa tersebut dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB sampai  pukul 11:00 WIB, dan dipimpin oleh Mgr. Agustinus Agus. yang merupakan uskup agung Pontianak, Mgr. Samuel Oton Sidin OFM Cap yang merupakan uskup sintang dan yang terakhir  Mgr. Pius Riana Prabdi, yang merupakan uskup ketapang, dan dihadiri lebih dari 4000 umat yang berada di wilayah kabupaten Sintang maupun berasal dari paroki di luar kabupaten sintang tetapi masih merupakan bagian dari paroki Kristus Raja dan dari kabupaten lain seperti kabupaten Putusibau dan Kabupaten Melawi.

      Misa tersebut berjalan dengan lancar. panitia juga telah bekerja keras dalam mempersiapkan segala hal demi kelancaran misa tersebut, seperti parkir, keamanan dan segala perlengkapan misa. Mgr. Agustinus Agus dalam khotbahnya mengatakan bahwa menara gereja tersebut dibangun sangat tinggi supaya setiap orang yang melihat menara tersebut ingat akan Tuhan, dan mau lebih mendekatkan diri pada Tuhan sang pencipta, dimana manusia sendiri tidak pernah terlepas dari dosa dan manusia harus kembali pada Tuhan untuk bertobat dan beroleh hidup kekal. Gereja katedral ini juga diharapkan manjadi semangat bagi umat katholik untuk beribadah dan terus mendekatkan diri pada Tuhan.

Gereja Kristus Raja Sintang sendiri di design oleh Mrg. Agustinus Agus, dan dikerjakan oleh pekerja yang memang khusus dalam pembuatan gereja-gereja besar dan megah, gereja katedral sintang ini juga memiliki kesamaan dengan gereja di luar negeri, dimana gereja Katedral Kristus Raja Sintang ini menggunakan tema gotik dalam disignnya, salah seorang panitia dari kegiatan peresmian gereja ini yaitu bapak Toni Hariadi mengatakan bahwa gereja katedral Kristus Raja Sintang ini sekarang menjadi icon baru dikota sintang, dimana gereja ini dikatakannya menjadi salah satu gereja terindah di kawasan timur kalbar, dan menjadi daya tarik bagi kota sintang sendiri. (report by :oktovianus mahendra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *