Final “Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Sintang”

Memperingati ulang tahun kampus STKIP PK Sintang yang ke 12 tahun dan Yayasan Nusantara Indah yang ke 32 tahun.  Semakin hari semakin terlihat kerjasamanya dan nilai sportivitas baik antar lembaga,dosen-dosen,mahasiwa-mahasiswi maupun sekolah-sekolah dan universitas yang terlibat langsung dalam memeriahkan acara tersebut sangat antusias mengikuti pertandingan demi pertandingan yang telah di selengarakan oleh kampus STKIP PK Sintang dan Yayasan Nusantara Indah Sintang.

Salah satu bukti dari perlombaan tersebut adalah kerjasama serta sportivitas dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat perguruan tinggi se-kabupaten Sintang. Dimana dalam perlombaan karya tulis ilmiah ini, mengikut sertakan delapan kelompok terbaik yang telah terpilih dan telah diseleksi pada tahap sebelumnya.  Delapan Kelompok tersebut antara lain: kelompok satu dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kelompok dua dari program studi Pendidikan Biologi, kelompok tiga dari STIkes-Kapuas Raya Sintang, kelompok empat dari program studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, kelompok lima dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, kelompok enam dari program studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, kelompok tujuh dari program studi Pendidikan Ekonomi dan kelompok delapan dari Universitas Kapuas Sintang, (23/10/2017).

Adapun juri dalam perlombaan karya tulis ilmiah tingkat perguruan tinggi se-kabupaten Sintang yaitu  Dr. Kardius Richi Yosada, S.E, M.Pd,  Dr. Yakobus Bustami, S.Si, M.Pd dan Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si, M.Pd.  Ketiga juri tersebut merupakan dosen tetap di kampus biru STKIP PK Sintang.

Dalam penyampaian materi yang disampaikan oleh masih-masing kelompok terlihat suasana yang sangat tegang memenuhi raut wajah masing-masing kelompok. Tetapi delapan kelompok tersebut bisa mengatur situasi yang tadinya tegang menjadi kondisi yang sangat baik, dimana seperti pada saat presentasi di dalam kelas, tanpa menyimpang dari tata tertib perlombaan karya tulis ilmiah.

Pada sesi tanya jawab yang diberikan oleh ketiga juri tehadap kelompok yang telah mempersentasikan karya tulis ilmiahnya, terlihat kembali raut wajah yang tegang dan ucapan demi ucapan yang sesekali di tarik kembali oleh masing-masing kelompok mengingat waktu untuk menjawab pertanyaan dari ketiga juri hanya 10 menit. Suasana tersebut semakin memperlihatkan semangat bagi delapan kelompok untuk bisa menjawab pertanyaan dari masing-masing juri dengan baik. Kritikan dan saran dari masing-masing juri terus disampaikan kepada kedelapan kelompok sehingga membangkitkan semangat kepemimpinan kepada delapan kelompok tersebut dan berani bertanggung jawab dengan karya tulis ilmiah yang telah mereka presentasikan.

Akhirnya tiba di momen yang sangat mendebarkan, raut wajah dari kedelapan kelompok tesebut penuh dengan doa dan harapan supaya bisa mendapatkan juara atas karya tulis ilmiah yang telah mereka perjuangkan sehingga bisa masuk menjadi delapan besar. Hal yang ditunggu-tunggu pun akhirnya dibacakan oleh salah satu juri yaitu Bapak Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si, M.Pd. Juara pertama diraih oleh program studi Pendidikan Biologi, juara kedua diraih oleh program studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, juara ketiga diraih oleh program studi Pendidikan Ekonomi dan juara harapan 1 di raih oleh STIkes-Kapuas Raya Sintang.

Salah satu juri, mewakili menyampaikan pesan yaitu Bapak Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si, M.Pd  mengatakan “Secara keseluruhan kalian semua adalah calon-calon penulis dan peneliti yang luar biasa. Kalian adalah orang yang profesional dan siap untuk maju. Tetapi untuk mencapai hal tersebut banyak-banyak lah membaca. Karena salah satu kuncinya adalah membaca. Gagasan ide kalian sudah cukup baik dan teruslah ditingkatkan dan semangat. Sehingga akan melahirkan calon-calon guru yang berkompoten dalam dunia pendidikan” ujarnya. Diakhir pesan dan kesan tersebut terdengar tepuk tanya dari peserta lomba karya tulis ilmiah dan sesi foto bersama.

( Emanuela Utin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *