World Tree Day ” Hijaukan Bumi Senentang”

Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, menanam pohon merupakan pilihan utama yang tepat. Hal ini termasuk dalam program kerja HMPS Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, yang hampir setiap tahun dilaksanakan. Hari Pohon Sedunia ( Wrold Tree Day) di peringati pada setiap tanggal 21 November. Sesuai dengan namanya peringatan hari pohon mengingatkan pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia dilaksanakan di desa Merpak Kecamatan Kelam Permai,Kabupaten Sintang, Kalimatan Barat. Dalam kegiatan tersebut melibatkan seluruh mahasiswa-mahasiswi Prodi Pendidikan Biologi semester 1, 3, dan 5. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh ketua Prodi Pendidikan Biologi Ibu F. R. Esti Wahyuni S.Si, M.Pd beserta dosen-dosen biologi, serta tamu undangan yang bisa hadir yaitu ketua HMPS Pendidikan Bahasa Inggris, perwakilan dari HMPS Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Kepala Desa, Kepala Dusun berserta staf-stafnya, sabtu (18/11/2017)

Dalam memperingati Hari Pohon Sedunia HMPS Pendidikan Biologi bekerja sama dengan Dinas Bukit Raya Sintang, Dinas BAPEDAS (dikehutanan) Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Dinas Taman Nasional 1 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi , dan Kepala Desa serta Kepala Dusun Desa Merpak Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.

Dalam kegiatan tersebut Triyono sebagai ketua peringatan Hari Pohon Sedunia mengucapkan  banyak terima kepada seluruh pimpinan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, dosen- dosen biologi , dinas yng telah memberikan bantuan berupa bibit  pohon dan mobil untuk mengangkutnya dari Nanga Pinoh sampai ke desa Merpak, serta seluruh panitia semester 3, serta semester 1, dan 5 yang telah mendukung, memberikan motivasi dan semangat sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Selain itu, Bapak Markus Iyus Supiandi M.Pd selaku dosen yang mewakili untuk memberikan kata sambutannya,  menyampaikan banyak terima kasih khususnya untuk masyarakat di desa Merpak yang telah menerima dan memberikan kesempatan sehingga penanaman pohon tersebut dilaksanakan di desa Merpak, karena yang ini merupakan kedua kalinya penanaman pohon dilaksanakan di desa tersebut.  Di Akhir kata sambutannya Bapak Markus Iyus Supiandi M.Pd mengatakan ” Marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan kita sehingga udara yang sejuk dan sehat akan selalu kita hirup disetiap harinya dan membawa kedamaian bagi kita semuanya” ujarnya.

Kepala Desa dalam sambutanya juga menyampaikan banyak terima kasih, karena masih diberikan kepercayaan desanya sebagai tempat penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia. Semoga ke depannya nanti kegiatan tersebut bisa terus dilaksanakan.

Kegiatan Penanaman pohon berlangsung dengan lancar dengan cuaca yang sangat cerah. Adapun jumlah bibit pohon tersebut yaitu 200 batang dengan 5 jenis tanaman salah satunya adalah bibit pohon durian. Tempat penanaman pun berbeda ada yang di hutan, samping masjid, gereja, lapangan bola, dan sekitar danau.

Kegiatan penanaman pohon tersebut sangat mengesankan karena terlihat sekali keakraban dosen-dosen biologi dengan mahasiswa- mahasiswi Prodi Pendidikan Biologi. Tawa dan canda semakin membuat suasana hari itu, sulit untuk dilupakan. Diakhir kegiatan ada makan bersama dan foto bersama. Salam Hijau. ( Emanuela Utin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *