Mengenal Lebih Dekat dengan SALAM Komunitas yang Perduli Pendidikan Anak Perbatasan

Persadaonline.com- Salam adalah singkatan dari Sahabat Alam Sekayam, sebuah komunitas anak muda perbatasan Indonesia Malaysia. Salam dibentuk pada tahun 2014 yang beranggotakan 13 orang anak muda perbatasan yang diketuai oleh Isartono.
Pada mulanya komunitas ini hanyalah penikmat alam bebas yang gemar berpetualang keluar masuk hutan perbatasan Indonesia Malaysia. ide untuk membantu pendidikan anak perbatasan muncul tatkala para penikmat alam ini melakukan perjalanan di sebuah kampung dan melihat anak-anak kecil usia sekolah yang tidak berangkat ke sekolah namun justru ikut kedua orang tuanya ke kebun dan ladang. Melihat situasi seperti itu, akhirnya SALAM membuat suatu kegiatan yang dinamakan SALAM BERBAGI. Sejauh ini kegiatan sudah dilaksanakan sebanyak 5 kali di Sekolah-sekolah yang dianggap layak untuk dibantu. adapun hal yang dibagi pada kegiatan ini adalah berbagai alat tulis dan alat sekolah seperti sepatu tak lupa juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan untuk anak-anak.
Adapun pendanaan Komunitas ini membuka usaha Salam Store, yang menyediakan penyewaan alat outdoor. Sahabat Alam Sekayam juga akan memantau perkembangan para siswa di sekolah yang pernah dikunjungi dengan melakukan follow up.
Selain kegiatan salam berbagi, komunitas ini juga melakukan baksos seperti bersih-bersih sampah di sekitas Balai Karangan. saat ini komunitas salam sedang mencari donasi untuk mengadakan kegiatan berikutnya dan donasi untuk pengadaan generator listrik di suatu tempat.
Isartono selaku ketua Sahabat Alam Sekayam sangat berharap adik-adik di perbatasan mendapatkan pendidikan yang layak sama halnya dengan di kota dan untuk komunitas lain, semoga dapat mencontoh kegiatan salam ini untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *