MARI BEREKSPRESI

Seni, filsafat, agama, ilmu pengetahuan, teknologi, singkat kata kebudayaan manusia lahir dari satu rahim. Ekpresi! Apa yang dirasakan, diyakini, direnungkan dengan puitis maupun sistematis tak mungkin mengubah wajah peradapan, tanpa ekspresi. Tetapi kita lupa. Seolah-olah filsafat harus dipikirkan, seni harus dipelajari, agama harus didogmakan dan kemudian dipelajari dalam doktrin-doktrin. Teknologi seolah alien yang menghela kita pada anta beranta.

Kita tidak bergairah pada bagaimana manusia mengetahui sesuatu. Kita bernafsu pada dalil-dalil ilmu yang harus dikuasai, metode yang harus dituruti, moral dan doktrin yang harus diinternalisasi. Kita lupa bahwa peradapan lahir dari sebuah ekspresi. Kita lalu menjadi maniak informasi dan pengetahuan. Budak metode. Menghamba pada institusi atau lembaga yang menawarkan akreditasi, sertifikasi atau piagam pengakuan lainnya. Sepanjang hidup, di segala lini kehidupan, kita berusaha untuk memenuhi standar, menyesuaikan diri dengan kategori-kategori yang ditetapkan orang lain. Kita berbangga memperoleh award karena memuaskan persayaratan yang ditetapkan lembaga atau orang lain. Kita lupa bahwa orang atau lembaga lain menetapkan standar demi kepentingannya sendiri. Bukan untuk mengangkat kita ke taraf yang sederajat dengan dia.

Karya itu sebetulnya tidak harus membuat kita stress. Yang membuat kita stress adalah pikiran atau kekuatiran jangan-jangan karya kita belum memenuhi standar atau kriteria yang ditetapkan. Lalu adakah karya yang membuat kita lepas bebas dan gembira? Jawabannya ada. Mulai saja dari ekpresi. Ungkapkan diri, pengalaman dan opini anda apa adanya. Tanpa lebih dahulu mengkhawatirkan kesesuaian dengan struktur atau aturan gramatikal tertentu.

Pena LBBK adalah kelompok kreativitas mahasiswa yang mengajak para pesertanya untuk mengkpresikan dirinya dalam bentuk tulisan maupun audiovisual. Spirit dasar yang melandasi terbentuknya kelompok ini adalah semangat untuk berkepresi. Kami mengajak siapaun entah mahasiswa maupun masyarakat luar untuk menyalurkan hobi atau bakat menulisnya dengan menulis dan mempublish tulisannya setiap hari di link PENA LBBK, pada website persadaonline. Karya terbaik akan diterbitkan dalam bentuk buku. Mari berekpresi dan berkarya melalui tulisan untuk menginspirasi dunia (Ebiet Gabriel Atawolo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *