Kelenteng Kuan Ti Miau. Kelenteng Tertua Di Kabupaten Sintang

Kelenteng Kuan Ti Miau merupakan salah satu kelenteng tertua yang ada di kabupaten Sintang yang terletak di jalan Masuka 1. Kelenteng ini menjadi simbol peradaban etnis Tionghoa di kabupaten Sintang, kelenteng ini                       berdiri sejak zaman kolonial Belanda, dulunya kelenteng ini hanya berdindingkan kayu dan dibawah bangunan kelenteng terdapat beberapa peti jenazah karena pada zaman tersebut belum ada tempat peletakan khusus dan dibelakang kelenteng terdapat tempat penyimpanan dupa serta peralatan untuk sembayang.

Pada tahun 1985, kelenteng ini direnovasi menjadi bangunan permanen oleh seorang pemerhati kelenteng bernama Asiang. bangunan sampai saat ini mengalami 3 kali perenovasian, yang pertama pada zaman kepemimpinan Kapitan Kwee Jiu Hoi, yang kedua oleh Asiang, dan yang ketiga pada tahun 2009.

Kini, kelenteng kuan ti miau telah ditetapkan pemerintah kabupaten Sintang sebagai situs warisan kota Sintang, serta menjadi tempat ibadah umat beragama KongHu Cu juga menjadi tempat peringatan hari besar yang bernuansa etnis Tionghoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *