Lalat Pembawa Penyakit Tersingkir Dengan Sehelai Daun Pandan

Tumbuhan pandan merupakan tumbuhan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, tumbuhan ini sangat mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar ditepi-tepi selokan yang teduh.

Daunnya memanjang seperti daun palem memiliki tepi daun yang bergigi  dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya bisa mencapai 60cm.

Karena aroma yang dihasilkannya, daun pandan merupakan komponen yang cukup penting dalam tradisi boga Indonesia serta Negara-negara Asia lainnya.

Aroma daun pandan yang khas terasa kuat ketika daunnya masih segar ataupun sudah agak kering, sehingga tidak jarang daun pandan digunakan sebagai rangkaian bunga di pesta perkawinan (dironce)  untuk mengharumkan ruangan .

Bukan hanya itu, daun pandan juga sangat berperan penting dalam menjaga keamanan dan kebersihan rumah salah satunya untuk mengusir lalat.

Tidak disangaka binatang yang berdampak negatif bagi kesehatan, bertubuh kecil dan lemah tetapi sangat sulit untuk dihindari, ternyata sangat takut dengan aroma daun pandan.

Hanya dengan menggunakan irisan daun pandan menjadi potongan kecil-kecil dan ditaruh pada tempat dimana lalat-lalat sering hinggap, maka lalatpun akan segera menjauh dari rumah anda. (Erlanda)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *