Patung Hasil Karya Seni Matius Abang Do

Nangga Bugau (14/06/2018), Matius Abang Do adalah seorang seni pahat asal Desa Nangga Bugau Kec. Ketungau Hulu, Kab. Sintang, Kalbar. Lahir di Desa Nangga Bugau, 30 Desember 1961 Bapak dengan 2 orang putri dan 3 orang putra ini berprofesi sebagai salah satu HUMAS diperusahan yang terdapat di Desa Nanga Bugau dan dipercaya sebagai seorang Tungkat Temenggung.

Pak Matius telah lama menekuni seni pahat beliau juga handal didalam seni lukis. Salah satu seni pahat yang sedang beliu kerjkan ialah patung yang dari kayu tebelian yang beratnya hampir mencapai puluhan kilo. Beliau mengatkan bahwa lukisan yang terpahat pada patung tersebut memiliki kisah yang menarik yaitu cerita yang terjadi pada nenek moyang kita pada zaman dahulu. Cerita ini mengenang kembali sebuah kisah perjuangan seorang putra sulung didalam menyelamatkan ke 6 saudaranya dari serangan 7 bersaudara dari musuh ketujuh bersaudara tersebut.

Selain dari latar belakang cerita dibalik pahatan patung tersebut juga terdapat sebuah keunikan dari bentuk kayu itu sendiri yaitu dimana ditengahnya terdapat rongga yang menghasilkan suara yang unik ketika diketok atau digendang. Beliau juga mengatakan bahwa patung tersebut juga akan dipertujukan didalam acara pameran daerah yang kemungkinan akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Beliau juga ingin membuat sebuah kliping history dibalik pahatan patung ini guna mengangkat kembali cerita-cerita rakyat Kalbar yang hampir punah. Pengerjaan patung ini cukup rumit dan memakan banyak waktu beliau berharap pengerjaan patung ini akan rampung dalam waktu dekat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *