Pelaksanaan Demokrasi 2019 di Desa Monbai Begununk

Pesta demokrasi Indonesia digelar serentak pada hari ini, yakni pemilihan presiden dan wakil presiden dan legislatif.  Pada TPS 01 Desa Monbai Begununk, Kecamatan Kayan hilir, Kalimantan Barat sudah dimulai pada pukul 07:00 WIB (17/04) dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 255 warga yang terdiri dari 132 laki-laki dan 123 perempuan .

PPS (Panita Pemungutan Suara) dengan jumlah 7 orang berpartisipasi aktif dalam demokrasi ini, mereka mempersiapkan pelaksanaannya  dalam waktu 1 hari (16/04) dan memperkirakan kondisi yang akan dihadapi saat berjalannya demokrasi. Fasilitas yang berupa logistik disediakan dari KPU Kayan Hilir dan fasilitas tambahan dari pengelola desa tersebut.

Proses pencoblosan akan ditutup pada pukul 12:00 sementara pada pukul  01:00 panitia menghitung jumlah suara. Oleh sebab itu, masyarakat  banyak hadir pada pukul 8 pagi menyalurkan hak suara mereka. Menariknya, masyarakat kali ini tidak ingin golput pada pencoblosan.

“Kondisi pada TPS 01  sejauh ini berjalan lancar, aman dan terkendali, tidak ada hambatan dan masyarakat berbondong-bondong datang, mencoblos serta menyaksikan pelaksanaannya” kata Incal, sebagai salah satu PPS Desa Monbai Begununk.

Kali ini, masyarkat sangat berpartisipasi dalam pesta demokrasi, terbukti bahwa masyarakat hadir untuk mencoblos, memberikan hak suaranya bersama keluarga  dan membudayakan antri dengan tertib. Ketertiban ini juga didukung oleh 2 petugas keamanan yang siap siaga menjaga proses berlangsungnya demokrasi.

 

Penulis: Novita

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *