PESONA ALAM DAN AIR TERJUN WONG SERAYA

 

TEMPAT WISATA

 Kedang Ran  (03/07/2018), salah satu tempat wisata lokal yang terletak pada salah satu desa di Kec. Ketungau Hulu, Kab. Sintang Kalbar, menyuguhkan pesona alam yang akan membuka mata kita tentang keindahan alam yang seutuhnya. Sekitar 30 menit mengunakan sepeda motor disebelah timur dari desa Nanga Bugau kita bisa mengunjungi sebuah Air Terjun yang mengalir dari salah satu bukit yaitu Bukit Penggilan. Nama air terjun ini dikenal dengan sebutan Air Terjun Wong Seraya karena air terjun ini langsung mengairi sungai yang disebut dengan Sei Seraya.
Air terjun ini juga terletak tidak begitu jauh dari perkebunan sawit peresahaan setempat, kondisi ini membuat salah seorang seorang Tungkat Temenggung Nanga Bugau yaitu Matius Abang Do berinisiatif untuk menjaga kawasan ait terjun tersebut agar keasrian dan keindahannya tetap terjaga. Beliau membeli sekitar 4 hektar tanah yang terdapat dikawasan air terjun terbut. Lahan ini akan dipertahankan untuk melindundungi kawasan tersebut dari masuknya lahan sawit baru.
Air Terjun Wong Seraya dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat berekreasi dan berwisata. Selain itu lokasi ini juga menyediakan pesona dan bentuk alam yang unik lainnya, selain dari hutannya yang hujau dan asri disana juga terdapat salah satu goa batu yang cantik ditempat ini kita bisa mengambil gambar yang cantik dan mandi ria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *