STKIP Juara di GAS 2019

Tim STKIP dari  Prodi bahasa inggris mengikuti kegiatan GAS 3( Gebyar Ahwal Syakhshiyyah )  2019 fakultas syariah di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Pontianak, Jl Letnan Jendral Soeprapto No.9 Pontianak, Kalimantan Barat yang diadakan pada tanggal 23-26 Aril 2019 dalam rangka program tahunan himpunan prodi hukum keluarga dengan tema “Meningkatkan semangat generasi muda yang kreatif, edukatif serta bermoral agamis”, Kamis (25/04/2019).

Kegiatan ini disponsori oleh BKKBN Pontianak, BAPAS, Wardah dan UMKM Pontianak. “Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan jurusan, memberikan sarana bagi kreatifitas generasi muda pada ajang perlombaan  serta  meningkatkan semangat generasi muda dalam berkarya, kualitas diri, dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa” ungkap ketua panitia kegiatan, Gusti Muhamad Fakhrur Razi.

Tahun 2019 merupakan tahun ke-3 kegiatan ini dilaksanakan. Pada tahun ini, 4 perlombaan diadakan, yakni lomba Qiro’Atul Kutub, lomba Hadrah, lomba menulis artikel, dan lomba video kreatif dengan 111 peserta dari semua perlombaan yakni Oiratul Kutub 11 orang, Hadrah 7 tim, artikel 80 orang, dan video 12 tim.

Pada perlombaan video kreatif, peserta diberi kesempatan memilih 2 tema yang telah ditentukan panitia, yakni “Generasi milenial vs pernikahan dini” dan “Generasi milenial peduli kependudukan”. Tim STKIP Persada Khatulistiwa Sintang meraih juara III perlombaan video kreatif dengan tema perlombaan ”Generasi milenial peduli kependudukan” yang diumumkan pada malam puncak di aula IAIN Pontianak, Jumat  (26/04/2019).  Video ini diperankan oleh 6 mahasiswa prodi bahasa inggris dari STKIP Persada sendiri. Mereka memberi judul  “Care” pada videonya https://youtu.be/Wj2fy3XU7wY. Pesan moral yang terkandung pada video tersebut adalah “generasi muda wajib terlibat dalam kependudukan. Rasa peduli terhadap mereka juga merupakan salah satu bentuk generasi milenial membangun bangsa” ungkap Arjuna, salah satu pemain dalam video, pada presentasi tim di aula IAIN, Pontianak. Sementara juara II diraih oleh AL-Adabiy Pontianak, dan juara I diraih oleh MAN 1 Pontianak, karena mereka juga memiliki nilai moral yang memukau dewan juri.

Sedangkan pada lomba artikel dimenangkan oleh Sopian Lubis (IAIN Pontianak) juara 1, Mita Hairani (IAIN Pontianak) juara 2, dan Budi setioso (SMA Kristen Immanuel) juara 3. Lomba Hadrah dimenangkan oleh Majelis Darul Khairot  juara 1, Pondok Darun Ma’im  juara 2, dan Pondok Pesantren Al-Adaby juara 3. Lomba QK dimenangkan oleh Sabirin (SMA hidayatul Muhsinin, Pontianak) juara 1, Mustara (Darul Khairot) juara 2 dan Solehudin ( Darul Khairot).  Setiap peserta yang juara mendapatkan piala, sertifikat, dan uang binaan.

“Kami mengambil tema ini, karena kami ingin generasi milenial tidak terlena pada masa generasinya, tetapi mereka bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk berkarya, supaya mereka menjadi generasi muda yang kreatif, edukatif, dan bermoral agamis. Kami berharap penuh semua peserta mampu mengambil hikmah dari kegiatan ini” ungkap Razi lagi saat diwawancara oleh anggota UKM jurnalistik STKIP Persada Khatulistiwa Sintang (26/04/2019).  Dan ia pun berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini lagi pada tahun berikutnya.

Penulis : Novita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *